Doa Dalam Sujud Dan Rukuk – Pertanyaan : Assalamu ‘alaikum wr wb, Para Ustadz yang saya hormati, didalam Shohih Muslim disebutkan bahwa Rasulullah melarang membaca ayat-ayat Quran dalam rukuk dan sujud, tetapi disunnatkan untuk berdoa. Pertanyaan saya adalah bolehkah membaca doa-doa yang terdapat di Al-Qur‘an saat Sujud. Terima kasih atas jawabannya. Wassalam ‘alaikum wr. Wb. HeriadiHeriadi 4/5 (1)
4/51

Konsultasi Shalat :Jawaban:

Para ulama sepakat bahwa sujud dan ruku memang digunakan untuk memanjatkan doa kepada Allah dan tidak boleh untuk membaca ayat-ayat Al-Quran. Ini sesuai dengan keterangan dari Rasulullah SAW:

?Jibril as telah melarangku membaca Al-quran dalam keadaan ruku‘ atau sujud?. (HR Muslim, Thayalisi, ahmad, Abu Daud, Tirmizy, An-Nasai, Ath-thahawi dan al-Baihaqi).

Hadits ini shahih dan dipegang oleh jumhur ulama. Kecuali sebagian ulama yang mengikuti pendapat al-Bukhori, dimana beliau mengatakan bahwa hadits itu tidak shahih, sehingga sebagian ulama itu membolehkan membaca al-Quran dalam ruku dan sujud.

Sedangkan doa‘doa yang bisa digunakan dalam sujud telah dijelaskan dalam sifat Shalat Nabi. Sehingga cukup bagi kita mengikuti apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam shalatnya sesuai dengan hadits beliau, Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat Aku shalat?. (al-Hadits).

Lafaz yang dibaca telah ditentukan sebagaimana pendapat Imam Abu Hanifah dan Imam As-Syafi‘i yaitu ?subhana Rabbila Azhim? (3x) untuk ruku‘ dan ?subhana rabbial a‘la? (3x) untuk sujud. Menurut pendapat mereka, tidak boleh membaca selain ini karena bacaan untuk ruku‘ dan sujud atau tauqifi, yaitu sudah merupakan ketetapan yang baku.

Pendapat mereka di dasrkan pada dalil hadits yang diriwayatkan oleh ‘Uqbah bin Amir.

?Beliau berkata,?Ketika turun ayat (Fasabbih bismi rabbikal ‘azhim), Rasulullah SAW berkata kepada kami,?Jadikanlah ayat itu bacaan dalam ruku‘mu. Dan ketika turun ayat (Sabbihisma rabbikal a‘laa) beliau berkata,?Jadikanlah ayat itu bacaan dalam sujudmu?.
(HR Abu Daud, Ibnu Majah, Al-Hakim, al-Baihaqi, Ad-Darimiy)

Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa lafaz untuk ruku‘ dan sujud tidak ada lafaz yang baku. Sebagaimana pengertian dalil yang dipahami beliau.

Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda,?Ketahuilah bahwa aku dilarang membaca Al-Quran dalam ruku‘ dan sujud. Dalam ruku‘, (ta‘zhimkan) agungkanlah Rabbmu dan dalam sujud (bertasbihlah) sucikanlah rabbmu.
(HR muslim, Abu Daud, an-Nasai, Al-Baihaqi, Ahmad)

Doa dalam ruku
Berdoa dalam sujud telah disepakati oleh para ulama, namun berdoa dalam ruku masih merupakan ikhtilaf diantara mereka.

Imam Malik memakruhkan berdoa dalam ruku‘ dengan dalil sbb:

Dari Ali bahwa Rasulullah SAW bersabda,?Dalam ruku‘ agungkanlah Rabbmu, sedangkan dalam sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa?. Hadits Shahih

Sebagian ulama lain mengatakan boleh membaca doa dalam ruku dengan dalil hatis Aisyah,?Nabi SAW membaca dalam ruku‘ dan sujudnya,?Subhanakallahumma Rabbana Wabihamdika Allahummaghfirli?.
(HR. Bukhori, Muslim, An-Nasai, Ibnu Majah, Al-Baihaqi).

Lafaz Doa dalam shalat
Berkaitan dengan lafaz doa dalam shalat, maka Imam Abu Hanifah mensyaratkan harus dari ayat-ayat Al-Quran. Sedangkan Imam Malik dan Imam As-Syafi‘i berpendapat bahwa lafaz doanya boleh dari selain Al-Quran.

Apa sebab merek berbeda pendapat? Titik masalahnya adalah penentuan apakah doa itu perkataan atau bukan.

Wallahu a‘lam bis-shawab.

Beri Nilai Artikel Ini:

Istilah Percarian:
subhanakallahumma wabihamdika allahummaghfirli, subhanakallahumma rabbana wa bihamdika allahummaghfirlii, subhanakallahumma rabbana wabihamdika allahummaghfirli, apakah boleh subhanakallahumma wabihamdika allahummaghfirli dibaca saat ruku dan sujud, subhanakallahumma rabbana wabihamdillahummagfirli, subhanakallahumarobanawabihamdikaallah, SUBHANAKA WABIHAMDIKA ALLAHUMMAGFIRLI, subhanaka allahumma wabihamdika allahummaghfirli, subhanaka allahumma rabbana wabihamdika allahummagfirli, subha naka allahumma robbana wabihamdika allahummaghfirli, arti subhanakallahummarabbanawabihamdika allahumagfirli, arti hapalan shalat ruku subhanaka allahummarabbana, wasubhanaka allohumma robbana wabihamdika allohummagfirli artinya adalah

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
%d bloggers like this: